SeruYA PALOPO--Wali Kota Palopo,  HM Judas Amir, Jumat (29/5/2015), tiba di Makassar, setelah melakukan kunjungan kerja ke Jepang bersama sejumlah kepala daerah di Sulsel dan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang. Judas mengaku kunjungan kerjanya ke Negeri Sakura itu tidak sia-sia, karena Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo mendapatkan tujuh kendaraan hibah untuk masyarakat Kota Palopo.

Tujuh kendaraan tersebut, rinci Judas kepada KORAN SINDO, usai salat Jumat, yakni 5 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar), 1 unit mobil ambulans, dan 1 unit mobil sampah.

"Hibah 7 mobil dari Jepang ini, Insya Allah, akan bermanfaat bagi masyarakat Kota Palopo. Hibah ini akan dikirim segera ke Kota Palopo," kata Judas.

Menurutnya, Kota Palopo sangat membutuhkan mobil Damkar tersebut, karena masih kekurangan armada pemadam kebakaran. Apalagi saat ini, Kota Palopo telah membuka kantor layanan Damkar untuk wilayah utara Palopo berpusat di Rampoang. Layanan utara ini masih mengandalkan 1 unit Damkar.

Belum lagi, Kantor Damkar Palopo akan memperluas jaringan pelayanan di Kota Palopo dengan berencana membuka layanan khusus wilayah selatan Palopo, yang direncanakan dipusatkan di wilayah Songka. "Sehingga, dengan adanya 5 unit hibah Damkar ini, kekurangan Damkar bisa teratasi," kata Judas.

Selain itu, bantuan hibah mobil ambulans juga dibutuhkan Kota Palopo, karena saat ini Kota Palopo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah membuka UPTD Jemput Antar (JA) yang baru memiliki lima unit mobil ambulans dan 1 unit mobil ambulans jenazah.

Mobil hibah Jepang tersebut, kata Judas, sangat dibutuhkan karena jenis ambulans yang dilengkapi peralatan modern, karena pasien gawat darurat bisa dirawat diatas ambulans, termasuk layanan persalinan. Ambulans ini nantinya akan diserahkan dikelola UPTD JA.

"Kita juga membutuhkan mobil pengolahan sampah, karena Kota Palopo sangat konsen menata dan mengelola kebersihan dalam rangka mewujudkan Palopo Mapaccing Toda'. Alhamdulillah, dalam kunjungan ke Jepang, Palopo dapat hibah 1 unit mobil ambulans," katanya.

Untuk diketahui, selama empat hari, Wali Kota Palopo berkunjung ke Jepang bersama Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang dan sejumlah bupati di Sulsel, 25 Mei lalu. Dalam kunjungan kerja pertama keluar negeri ini, Judas memboyong empat kepala SKPD, yakni Kepala Dinas Koperindag dan UKM Kota Palopo, Karno, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disberkam) Palopo, Farid Kasim, Direktur RSUD Andi Djemma Palopo, dr Nasaruddin Nawir, dan Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palopo, Rakhmad. Ikut juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, HM Kasim Alwi. (adham)

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, didampingi Sekkot Palopo, HM Judas dan para pejabat Palopo, saat mengunjungi salah satu perusahaan otomotif di Jepang, dalam kunjungan kerjanya ke negeri Bunga Sakura itu. (ft ist)

Sumber Berita: http://seputarluwuraya.com/berita-judas-bawa-pulang-7-kendaraan-hibah-jepang.html#ixzz3hX8YI1CJ