Pada hari Jumat tanggal 2 September 2016, bertempat di pelataran kantor Pengadilan Negeri Palopo, telah dilangsungkan sosialisasi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Sosialisasi diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Palopo, para hakim, para pejabat struktural dan fungsional, para staf, para tenaga honorer dan siswa SMK Negeri 1 Palopo yang sedang melaksanakan PSG di Pengadilan Negeri Palopo. Ketua Pengadilan Negeri Palopo tidak dapat mengikuti kegiatan ini dikarenakan sedang melaksanakan perjalanan dinas ke Makassar. Sosialisasi ini terselenggara dengan didukung oleh pihak Kantor Pemadam Kebakaran Palopo.

Tim dari Kantor Pemadam Kebakaran Palopo mengawali sosialisasi pada pukul 08.15 WITA dengan memaparkan materi singkat tentang definisi api, unsur pembentuknya, dan cara penanganannya. Kemudian dijelaskan pula tentang jenis dan cara penggunaan alat pemadam kebakaran seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta hubungannya dengan kelas kebakaran. Setelahnya, diadakan simulasi penanggulangan kebakaran dengan alat yang tersedia seperti dengan menggunakan karung goni basah dan APAR berbahan chemical powder. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Palopo, beberapa orang hakim, pegawai, dan tenaga honorer terlibat langsung dalam simulasi tersebut. Sosialisasi berakhir sekitar pukul 10.15 WITA. (admin)  

sumber : http://www.pn-palopo.go.id/index.php/tentang-kami/kegiatan/281-sosialisasi-pencegahan-dan-penanggulangan-kebakaran